(TP) Banyaknya potensi desa yang belum diberdayakan secara optimal saat ini, serta kurangnya penguatan pemasaran secara luas, Perguruan Tinggi, mengharuskan memiliki kepedulian dengan berkontribusi memberikan penguatan melalui aplikasi sains dan teknologi, model kebijakan serta rekayasa sosial berbasis riset untuk Pengembangan kawasan pedesaan.


Salah satunya yaitu Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten mempunyai potensi wisata serta perikanan darat dengan komoditas ikan nila. Daerah ini memiliki banyak sumber mata air sehingga menjadikannya daerah tersebut sangat cocok untuk budidaya ikan.


Program Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (UAD), yang diketuai oleh Titisari Juwitaningtyas, S.T.P., M.Sc. (Dosen Prodi Teknologi Pangan FTI UAD) menginisiasi program pelatihan kepada kader ‘Aisyiyah Cabang Polanharjo sebagai kelompok penggerak ibu-ibu yang tidak produktif secara ekonomi. Pelatihan ini bertujuan untuk mengolah ikan nila menjadi berbagai produk makanan olahan serta melakukan pelatihan pemasaran digital.


Permasalahan dan banyaknya kendala pemasaran sehingga terjadi ketidakefektivan pemasaran hasil panen ikan nila dikarenakan pemasaran dan nilai jual ikan nila bergantung pada pembeli dari sektor rumah makan dan pedagang besar.

Dari data tersebut tim Program Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan memberi pelatihan pembuatan produk dari ikan nila seperti pembuatan nugget yang bisa menjadi alternative produk yang dapat disimpan dalam jangka waktu lama serta bernilai ekonomis tinggi.

Selain itu untuk pelatihan pemasaran ikan nila secara digital para peserta kader ‘Aisyiyah Cabang Polanharjo diberikan pelatihan yang sampaikan oleh dosen Prodi Teknik Informatika FTI UAD Dwi Normawati, S.T., M.Eng. dan Anna Hendri Soleliza Jones, S.Kom.

Tujuan pengabdian ini disamping memberikan pelatihan pengolahan ikan nila menjadi sebuah produk yang bernilai jual lebih, juga menumbuhkan serta menyeimbangkannya menjadi sesuatu yang memiliki nilai kemanfaatan, sehingga peluang bisnis dalam bidang kuliner ikan nila, bisa menjadi peluang kuliner yang menjanjikan. Terang Titisari Juwitaningtyas, S.T.P., M.Sc.

/(ns)