Teknologi pangan adalah suatu teknologi yang menerapkan ilmu pengetahuan tentang bahan pangan khususnya setelah panen (pasca panen) guna memperoleh manfaatnya seoptimal mungkin sekaligus dapat meningkatkan nilai tambah dari pangan tersebut. Dalam teknologi pangan, dipelajari sifat fisika, mikrobiologi maupun kimia dari bahan pangan serta proses mengolah bahan pangan tersebut. Spesialisasinya beragam, di antaranya pemrosesan, pengawetan, pengemasan, penyimpanan, dan sebagainya. Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (PSTP FTI UAD) merupakan program studi baru dilingkungan Universitas Ahmad Dahlan. Meskipun tergolong program studi masih muda PSTP FTI UAD, melalui Ika Dyah Kumalasari, S.Si., M.Sc., Ph.D. (Ketua Program Studi PSTP), 100% menyatakan kesiapannya untuk menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran semester Genap 2016/2017. Berbagai kesiapan tersebut diantaranya ditunjukkan dengan segala persiapan, baik dari menyusun kurikulum, penyusunan rencana pembelajaran semester, rumusan profil lulusan, capaian pembelajaran, bahan kajian, matakuliah maupun menghadirkan mitra dari dalam negri maupun luar negri untuk memberi masukan yang membangun bagi PSTP FTI UAD.

teknologi-pangan-fti-uad-4

Prof. Dr. Helmut Erdmann

Pada hari Selasa 29 November 2016, PSTP FTI UAD mengundang Prof. Dr. Helmut Erdmann (Flensburg University of Applied Sciences Germany), guna memberi masukkan, saran, yang membangun bagi kelangsungan PSTP FTI UAD yang siap membentuk lulusan Sarjana Teknologi Pangan. (S.T) menguasai teknologi pangan terapan yang berbasis bahan pangan lokal nusantara, kehalalan pangan, dan pangan fungsional. Titisari Juwitaningtyas, S.T.P., M.Sc. pada kesempatan tersebut dihadapan Prof. Dr. Helmut Erdmann melakukan presentasi dan pengenalan PSTP FTI UAD, yang bertujuan untuk menjadi center of excellence dalam bidang teknologi dan industri pangan, pengkajian pangan halal, serta modernisasai dan komersialisasi pangan lokal indonesia.

Keunggulan PSTP FTI UAD adalah penguasaan dalam bidang rekayasa pengolahan pangan, analisis mutu pangan, gizi dan kesehatan, manajemen industri pangan, kajian kehalalan pangan, pengembangan produk berbasis sumber daya lokal, pangan fungsional, dan kewirausahaan. Prof. Dr. Helmut Erdmann, sangat mengapresiasi dan menyambut baik langkah PSTP FTI UAD, meskipun program studi baru diharapkan PSTP FTI UAD untuk selalu optimis, karena sistem pendidikan di Indonesia dengan di Jerman berbeda, kalau di Indonesia sebagian besar matakuliah adalah teori sedangkan di Jerman mahasiswa menghabiskan waktu di laboratorium maupun sering melakukan praktek .

teknologi-pangan-fti-uad-1

teknologi-pangan-fti-uad-5

/(ns)