a. Kehalalan Pangan

Program Studi Teknologi Pangan UAD menjadi satu-satunya perguruan tinggi Islam yang mengutamakan prinsip kehalalan pangan sebagai salah satu capaian pembelajaran perkuliahan. Aspek kehalalan ini sangat berkaitan dengan ilmu-ilmu kepanganan karena dapat ditelisik dari unsur kimia-biokimiawinya.

b. Kimia dan Analisis Pangan

Mahasiswa dibekali dengan kemampuan menganalisis reaksi kimia yang terjadi pada pangan untuk menentukan kerusakan, umur simpan, serta berbagai analisis berkaitan dengan karakteristik bahan pangan.

c. Mikrobiologi Pangan

Mahasiswa dibekali untuk dapat memahami teknik analisis mikrobia pangan yang terdiri dari mikrobia-mikrobia baik (apatogen) yang bermanfaat untuk pengolahan pangan serta mikrobia-mikrobia buruk (patogen) yang merusak bahan pangan.

d. Rekayasa pengolahan pangan

Mahasiswa Teknologi Pangan UAD dibekali untuk dapat mengetahui karakteristik serta teknik pengolahan pangan dari mulai bahan baku, ingredient, bahan tambahan pangan, serta pengaruhnya terhadap produk pangan yang dihasilkan.

e. Biokimia gizi dan rekayasa proses pangan

Mahasiswa diberikan pengetahuan mengenai perubahan-perubahan zat kimia dan gizi pangan selama pengolahan. Selain itu, mahasiswa juga dibekali pemahaman mengenai pangan fungsional, yaitu pangan-pangan alami yang mempunyai kandungan tertentu yang baik bagi kesehatan.

f. Ilmu pangan terapan

Mahasiswa dibekali kompetensi mengenai sistem pengendalian mutu produk pangan, sanitasi industri pangan, prinsip keamanan pangan, serta isu-isu mutakhir dalam bidang pangan.

g. Kecakapan hidup

Mahasiswa dibekali kemampuan dalam meningkatkan kualitas hidup salah satunya dengan kemampuan berwirausaha (entrepreneurship). Program studi membangun lulusan-lulusan yang mempunyai kecakapan berwirausaha berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.